Cari Blog Ini

Senin, 19 Juli 2010

Askep Hipertensi

DASAR TEORITIS



A. Konsep Dasar Penyakit

1. Pengertian
Definisi konseptual hipertensi yaitu peningkatan tekanan darah yang berkaitan dengan peningkatan mortalitas kardiovaskuler lebih dari 50% (Sylvia & Lorraine 1992).
Hipertensi adalah tekanan darah sistolik  140 mmHg dan tekanan darah diastolik  90 mmHg, atau bila pasien memakai obat anti hipertensi (Mansjoer, A., 1999).
Hipertensi didefinisikan oleh Joint National Committee on Detection, Evaluation and Treatment of High Blood pressure (JNC) sebagai tekanan yang lebih tinggi dari 140/90 mmHg dan diklasifikasikan sesuai derajat keparahannya, mempunyai rentang dari tekanan darah (TD) normal tinggi sampai hipertensi maligna. Keadaan ini dikategorikan sebagai primer/esensial (hampir 90% dari semua kasus) atau sekunder, terjadi sebagai akibat dari kondisi patologi yang dapat dikenali, seringkali dapat diperbaiki (Doenges, 2000).
Hipertensi adalah suatu tekanan darah sistolik lebih besar atau sama dengan 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih besar atau sama dengan 90 mmHg (Danna. DI., 1991).


Klasifikasi menurut WHO/ISH
Klasifikasi Sistolik (mmHg) Diastolik (mmHg)
Normotensi < 140 < 90
Hipertensi ringan 140-180 90-105
Hipertensi perbatasan 140-160 90-95
Hipertensi sedang dan berat > 180 > 105
Hipertensi sistolik terisolasi > 140 < 90
Hipertensi sistolik perbatasan 140-160 < 90

2. Etiologi
Berdasarkan etiologinya hipertensi dibagi menjadi dua golongan yaitu :
a). Hipertensi esensial atau hipertensi primer yang tidak diketahui penyebabnya, disebut juga hipertensi idiopatik. Terdapat sekitar 95% kasus. Banyak faktor yang mempengaruhinya seperti genetik, lingkungan, hiperaktivitas susunan saraf simpatis, sistem renin - angiotensin, defek dalam ekskresi Na, peningkatan Na dan Ca interselular, dan faktor – faktor yang meningkatkan risiko, seperti obesitas, alkohol, merokok, serta polisitemia.
b). Hipertensi sekunder atau hipertensi renal. Terdapat sekitar 5% kasus. Penyebab spesifiknya diketahui seperti penggunaan estrogen, penyakit ginjal, hipertensi vaskular renal, hiperaldosteronisme primer, dan sindrom Cushing, feokromositoma, koarktasio aorta, hipertensi yang berhubungan dengan kehamilan, dan lain-lain (Mansjoer, A.,1999;518).


3. Patofisiologi

Autoregulasi

Tekanan Darah = Curah Jantung x Tahanan Primer
( Hipertensi ) ( CJ me ) dan atau ( TP me )

Preload Kontraktilitas Konstriksi Hipertropi fungsional struktural

Vol. Cairan Konstriksi vena

Perubahan
membran sel
Retensi Na ginjal Luas infiltrasi aktivitas simpatis Renin hiperinsulinemia
angiotensin
Asupan Na

Faktor genetik Stress Faktor genetik Faktor endotel
Obesitas

(Sumber ; PADPI, Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam. Jilid II)

4. Tanda dan Gejala
Peninggian tekanan darah kadang–kadang merupakan satu–satunya gejala. Bila demikian, gejala baru akan muncul setelah terjadi komplikasi pada ginjal, mata, otak, atau jantung. Gejala lain yang sering ditemukan adalah sakit kepala, epistaksis, marah, telinga berdenging, rasa berat ditengkuk, sukar tidur, mata berkunang – kunang dan pusing.


5. Penatalaksanaan
a. Tujuan Pengobatan Hipertensi
1). Menurunkan tekanan darah sampai normal atau mendekati normal, tanpa mengganggu aktivitas sehari-hari. Dengan demikian dapat komplikasi dan menurunkan morbiditas dan mortalitas.
2). Prevansi terhadap peninggian tekanan darah dan “herat rate” secara akut selama “exercise” dan “stress”
b. Obat-obat Anti Hipertensi
1) Diuretik
a) Kemanjuran maksimal rendah; Indapamid (Lozol), Ftalimidin, Tiazid.
b) Kemanjuran maksimal tinggi; Bumetanid (Bumex), Asam Etakrinat (Edeerin), Furosemid (Lasix).
c) Hemat Kalium; Amilorid (Midomir), Spironolakton (Aldaetone), Trianteren (Dyrenium).
2) Obat Simpatolitik
a) Bekerja pada SPP; Klonidin (Catapres), Guanabenz (Wytensin), Metildopa (Aldomet).
b) Bekerja pada gonglion otonom; Trimetafan (Arfonad).
c) Bekerja pada neuron simpatis pasca ganglion; Guanadrel (Hylorel), Guanetidin (Isenelin), Penghambat monoamin oksidase, Reserpin.


d) Penghambat reseptor
(1) Adrenoreseptor; Fenoksibenzamin (Dibenzyline), Fentolamin (Reqitinin), Prazosin (Minipres).
(2) Adrenoreseptor; Atenol (Tenormin), Labetol (Normodyne, Trandate), Metoprolol (Lopressor), Nadolol (Corgard), Pindolol (Visken), Propanolol (Inderal), Timolol (Blocadren).

(3) Vasodilator; Diazoksid (Hyperstat), Diltiazem (Cardizem), Hydralazin (Apresoline), Minoksidil (Lomitmen), Nifedipin (Adelat, Procardia), Verapamil (Calan, Isoptin).
(4) Penghambat sistem renin angiostenin; Captopril (Capoten), Enalapril (Vasotec), Saralisin (Sarenin).
c. Diit Hipertensi/Diit Rendah Garam
Hipertensi dapat dikendalikan dengan Diit rendah Garam, merupakan diit dengan pembatasan konsumsi garam untuk membantu menghilangkan retensi garam/air dalam jaringan tubuh
1) Syarat-syarat Diit Rendah Garam
a) Cukup kalori, mineral dan vitamin
b) Bentuk makanan disesuaikan dengan keadaan penyakit
c) Jumlah natrium yang diperolehh disesuaikan dengan berat tidaknya retensi garam/air dan/atau hipertensi.


2) Macam Diit Rendah Garam
Jika ditinjau dari jumlah natrium yang perlu dikonsumsi, Diit Rendah Garam dibagi menjadi 3 yaitu :
a) Diit Rendah Garam I (DRG I) mengandung natrium 200-400 mg. Dalam pemasakan tidak ditambahkan garam dapur. Bahan makanan tinggi natrium dihindarkan. Makanan diberikan kepada penderita dengan oedema, ascites dan/atau hipertensi berat.
b) Diit Rendah Garam II (DRG II) mengandung natrium 600-800 mg. Pemberian makanan sama dengan DRG I. dalam pemasakan makanan diperbolehkan menggunakan ¼ sdt garam dapur (1 gr). Bahan makanan tinggi natrium dihindarkan. Makanan ini diberikan kepada penderita dengan oedema, ascites dan/atau hipertensi sedang ini diberikan kepada penderita dengan oedema, ascites dan/atau hipertensi sedang
c) Diit Rendah Garam III (DRG III) mengandung natrium 1000-1200 mg. Pemberian makanan sama dengan DRG I. Dalam pemasakan boleh diberi garam dapur ½ sendok teh (2 gr). Makanan ini diberikan kepada penderita dengan edema, dan/atau hipertensi ringan.


6. Komplikasi
Penyakit hipertensi bila tidak dikontrol secara teratur akan berlanjut kearah penyakit yang mematikan seperti :
a. Penyakit jantung
b. Cedera serebrovaskular
c. Gagal ginjal

B. Asuhan Keperawatan


Asuhan keperawatan merupakan bentuk pelayanan kesehatan profesional yang didasarkan pada ilmu dan kiat keperawatan yang ditujukan kepada individu, keluarga dan masyarakat baik yang sehat maupun yang sakit. Dengan mempertimbangkan aspek bio, psiko, sosial dan spiritual yang komprehensif.
Asuhan keperawatan yang komprehensif dilaksanakan pada klien dengan menggunakan pendekatan proses keperawatan yang terdiri dari pengkajian, diagnosa keperawatan, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan klien yang dilaksanakan secara bio, psiko, sosial dan spiritual dalam upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.
1. Pengkajian

Pengkajian adalah dasar utama dari proses keperawatan. Pengkajian adalah langkah awal dalam salah satu proses keperawatan ( Gaffar, 1999 ) Kegiatan yang dilaksanakan dalam pengkajian adalah pengumpulan data dan merumuskan prioritas masalah. Pada pengkajian – pengumpulan data yang cermat tentang klien, keluarga, didapatkan data melalui wawancara, observasi dan pemeriksaan.
Data yang dikumpulkan dapat dibagi dua (Kelliat, Budi Ana., 1995) :
a. Data dasar
b. Data khusus yang berhubungan dengan situasi klien saat ini yang dapat ditentukan oleh perawat, klien atau keluarga.
Tujuan dari pengkajian keperawatan adalah mengumpulkan data, mengelompokkan data dan menganalisa data. Sehingga disimpulkan menjadi diagnosa keperawatan (Gaffar, 1999).
Dasar data pengkajian klien menurut Doenges (1999) :
a. Aktivitas/istirahat

Gejala : kelemahan, letih, nafas pendek, gaya hidup monoton.
Tanda : frekuensi jantung meningkat, perubahan irama jantung.
b. Sirkulasi
Gejala : riwayat hipertensi, aterosklerosis, penyakit jantung koroner/katup dan panyakit serebrovaskular. Episode palpitasi, perspirasi.
Tanda : kenaikan tekanan darah, hipotensi postural, takikardi, pengisian kapiler lambat, pucat, sianosis, diaforesis, dan kemerahan (feokromositoma).
c. Integritas Ego

Gejala : ansietas, marah.

Tanda : gerak tangan empati, peningkatan pola bicara.

d. Eliminasi

Gejala : gangguan ginjal saat ini atau yang lalu.

e. Makanan/Cairan

Gejala : makanan yang disukai, yang mencakup makanan tinggi garam, tinggi lemak, tinggi kolesterol, mual, muntah, perubahan berat badan (meningkat/menurun).
f. Neurosensori

Gejala : keluhan pening/pusing, berdenyut, sakit kepala suboksipital.
Episode kebas dan/atau kelemahan pada satu sisi, gangguan penglihatan.
Tanda : status mental: perubahan keterjagaan, orientasi, pola/isi bicara, afek, proses pikir, atau memori (ingatan).
g. Nyeri/ketidaknyamanan

Gejala : angina, sakit kepala oksipitalberat seperti pernah terjadi sebelumnya.
h. Pernafasan

Gejala : dispnea, takipnea, riwayat merokok, batuk dengan/tanpa sputum.
Tanda : distress respirasi, bunyi nafas tambahan, sianosis.
i. Keamanan

Keluhan/ : gangguan koordinasi/cara berjalan, hipotensi postural.
Gejala


2. Diagnosa Keperawatan
Diagnosa keperawatan adalah masalah kesehatan yang atau masalah kesehatan yang potensial dimana perawat dapat secara sah dan mandiri menanganinya dalm bentuk tindakan yang ditujukan untuk mencegah, mengurangi, atau mengatasi masalah tersebut (Gordon & Carpenito, 1998)
Diagnosa keperawatan dibagi sesuai dengan masalah kesehatan klien yaitu :
a. Aktual, diagnosa keperawatan yang menjelaskan masalah nyata saat ini sesuai dengan data klinik yang ditemukan.
b. Potensial, diagnosa keperawatan yang menjelaskan bahwa masalah kesehatan yang nyata akan terjadi jika tidak dilakukan intervensi keperawatan. Saat ini masalah belum ada tapi etiologi sudah ada.
c. Kemungkinan, diagnosa keperawatan yang mejelaskan bahwa perlu data tambahan untuk memastikan tambahan masalah. Pada keadaan ini masalah dan faktor pendukung belum ada tapi sudah ada faktor yang menimbulkan masalah (Kelliat, Budi Ana., 1995)
Diagnosa keperawatan yang mungkin timbul pada klien dengan hipertensi, menurut Doenges ( 1999 ), yaitu :
a. Risiko tinggi terhadap penurunan curah jantung berhubungan dengan peningkatan afterload, vasokonstriksi dan iskemia miokardia.
b. Intoleran aktivitas berhubungan dengan kelemahan umum, ketidakseimbangan antara suplai dan kebutuhan oksigen.
c. Nyeri (sakit kepala) berhubungan dengan peningkatan tekanan vaskular serebral.
d. Perubahan nutrisi lebih dari kebutuhan tubuh berhubungan dengan masukan yang berlebihan, pola hidup monoton, keyakinan budaya.
e. Koping individu inefektif berhubungan dengan krisis situasional/maturasional, sistem pendukung tidak adekuat, metode koping tidak efektif.
f. Kurang pengetahuan mengenai kondisi, rencana pengobatan berhubungan dengan kurang pengetahuan/daya ingat, misinterpretasi informasi, keterbatasan kognitif.

3. Perencanaan
Perencanaan adalah penentuan apa yang dilakukan untuk membantu kebutuhan kesehatannya dan mengatasi masalah keperawatan yang ditentukan. Perencanaan keperawatan ini dilaksanakan sesuai dengan diagnosa keperawatan diatas.
Setelah merumuskan diagnosa keperawatan maka intervensi dan aktivitas keperawatan perlu ditetapkan untuk mengurangi, menghilangkan dan mencegah masalah keperawatan klien. Tahapan ini disebut perencanaan keperawatan yang terdiri dari :
a. Menentukan prioritas diagnosa keperawatan.
b. Menetapkan sasaran ( Goal ) dan tujuan ( Obyektif )
c. Menetapkan kriteria evaluasi
d. Merumuskan intervensi dan aktivitas keperawatan
Proses penentuan prioritas dimulai dengan memprioritaskan diagnosa keperawatan. Ada beberapa hal yang mempengaruhi dalam menentukan urutan prioritas (Kelliat, Budi Ana., 1998), yaitu :
a. Ancamann kehidupan dan kesehatan. Diagnosa yang mencakup masalah aktual, mengancam mqsalah kehidupan dan kehidupan merupakan fokus utama.
b. Sumber daya dan dana yang tersedia. Fokus diagnosa disesuaikan dengan kemampuan dan keterampilan perawat. Selain itu fasilitas dan dana yang tersedia akan mempengaruhi keberhasilan dan fokus intervensi keperawatan.
c. Peran serta klien. Perawat dan klien harus bekerja sama dalam menetukan fokus perhatian intervensi keperawatan.
d. Prinsip ilmiah dan praktik keperawatan.
Penetapan sasaran dan tujuan dilakukan setelah penetapan urutan prioritas dignosa keperawatan. Sasaran merupakan hasil yang diharapkan dalam mengurangi atau mengatasi masalah yang digambarkan pada diagnosa.
Tujuan dirumuskan untuk menggambarkan penampilan, hasil, atau prilaku klien yang berhubungan dengan sasaran. Ada tiga kegunaan tujuan (Kelliat, Budi Ana., 1998) : Memberi arah pemilihan atau penentuan strategi keperawatan, menentukan fasilitas, metode yang diperlukan dan memberi petunjuk pengorganisasian intervensi keperawatan.
Kriteria adalah standar yang dipakai untuk mengevaluasi penampilan klien. Kriteria evaluasi diperlukan apabila tujuan belum spesifik dan tidak dapat diukur. Ada beberapa syarat dari kriteria evaluasi:
a. Dapat diukur
b. Spesifik dalam isi dan waktu
c. Dapat dicapai

4. Pelaksanaan
Pelaksanaan merupakan realisasi dari rencana yang telah dibuat. Pelaksanaan asuhan keperawatan adalah merupakan pemberian asuhan keperawatan yang nyata serta merupakan penyelesaian dari tindakan keperawatan untuk mencapai sasaran yang telah dirumuskan dalam perencanaan yaitu dengan terpenuhinya kebutuhan klien secara optimal (Gaffar, 1997).
Beberapa petunjuk pada pelaksanaan adalah sebagai berikut :
a. Intervensi dlaksanakan sesuai dengan rncana setelah dilakukan validasi.
b. Keterampilan interpersonal, intelektual, teknikal, dilakukan dengan cermat dan eisien pada situasi yang tepat.
c. Keamanan fisik dan psikologis dilindungi.
d. Dokumentasi intervensi dan respons klien.
Setelah pelaksanaan selesai, dilakukan dokumentasi intervensi secara tertulis pada catatan keperawatan dan proses keperawatan.
5. Evaluasi
Evaluasi asuhan keperawatan adalah tahap akhir proses keperawatan yang bertujuan untuk menilai hasil akhir dari keseluruhan tindakan keperawatan yang telah dilakukan, ditulis dalam catatan perkembangan yang berfungsi untuk mendokumentasikan keadaan klien berupa keberhasilan maupun ketidakberhasilan yang dilihat dari masalah yang ada (Gaffar, 1997).
Evaluasi yang dilakukan disini adalah bersifat sumatif yaitu dilakukan sekaligus pada akhir semua tindakan.

7 komentar: